RSS

Geng Motor

Geng Motor

Setelah lama kita mendengar lahirnya komunitas-komuntas yang berbau agama, kita baru-baru ini digegerkan dengan berbagai peristiwa yang dilakukan oleh kelompok atau komunitas yang disebut dengan geng motor. Komunitas ini sebenarnya sudah lama ada di negeri ini, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan bandung. Komunitas atau yang disebut geng motor ini memiliki kegiatan yang sangat tidak bermanfaat bagi remaja seukuran mereka. Umumnya komunitas ini beranggotakan mereka-mereka yang masih SMA, bahkan ada beberapa yang baru menginjak SMP.

Lahirnya geng-geng seperti ini bukan hanya akan merugikan masa depan mereka yang terlibat di dalam aktivitas komunitas ini. Tetapi apa yang mereka lakukan sering mengganggu ketertiban umum bahkan mengancam ketenangan orang banyak. Geng-geng ini sering melakukan huru-hara dengan pawai, atau track-trackan bahkan pemalakan yang sangat membahayakan/merugikan para pengguna jalan. Belum lagi kalau mereka saling tarung antar sesama geng, yang sering mengakibatkan rusaknya fasilitas umum, ataupun fasilitas warga dimana kerusuhan itu terjadi.

Lihatlah, sudah berapa banyak generasi muda kita yang mati sia-sia karena geng motor ini. Menurut Indonesia Police Watch setiap tahun lebih dari 60 orang mati sia-sia karena terlibat dalam tawuran antar sesama geng motor. Lahirnya komunitas-komunitas yang tidak produktif bahkan kontraproduktif ini harusnya menjadi perhatian pemerintah secara serius. Pemerintah harus tegas memberantas keberadaan mereka, karena selain akan menggu kenyaman masyarakat, masa depan generasi muda akan mati sia-sia. Pemerintah dengan alat keamanan, polisi, harus menindak tegas organisasi-organisasi yang tidak produktif ini.

Dalam beberapa catatan, kita dapat menemukan ternyata di negeri ini penuh dengan organisasi-organisasi para brandal ini. Seperti yang dilaporkan oleh Tempo, di Jakarta dan Bandung saja ada puluhan organisasi geng motor. Yaitu; GBR (Grab on Road), Brigezz, XTC (Exalt toCoitus), PACINKO, Y-GEN atau Young Generation, M2R (Moonraker). Masing-masing geng motor ini memiliki anggota yang cukup banyak. Bahkan ada yang mendekati ribuan. Karena longgarnya pengawasan dan ketidaktegasan terhadap geng motor ini, menjadikan mereka semakin leluasa berulah di berbagai daerah. Walhasil, beberapa geng motor sampai memiliki cabang di beberapa kota yang tersebar di Indonesia.

Melihat aktivitas dan juga catatan sejarah, geng motor ini sangat merusak kenyamanan dan ketentraman kehidupan masyarakat. Menurut beberapa temuan polisi, doktrin geng motor ini sangat mengerikan. Geng motor Brigezz misalnya memiliki doktrin; musuhi polisi, lawan orang tua, dan berlaku jahat di tengah malam. Doktrin tentu akan sangat membayakan bagi ketenangan dan kedamain masyarakat Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: