RSS

Menjaga Lingkungan Sekolah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jum’at dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.Masalah satu kebiasaan yang masih sering kita abaikan adalah membuang sampah tidak pada tempatnya. Kesadaran akan bersih lingkungan dan disiplin diri, menjadi hal yang perlu dipertanyakan. Persoalannya adalah mengapa hal ini terjadi, kemudian hal-hal apa yang bisa diketengahkan untuk mengatasi kebiasaan yang belum kita sadari ini. Perilaku disiplin dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini, melalui pendidikan di rumah maupun di sekolah. Memberi pendidikan disiplin mulai sejak usia dini, akan berkembang terus sampai dewasa dan jalan yang terbaik mulai dari rumah serta lingkungan di sekolah. Terutama sampah yang dikategorikan sebagai sampah anorganik seperti plastik, kaca, kardus, kertas yang sukar terurai. Sedangkan sampah organik semi basah seperti sampah dapur, sayuran, kulit buah, akan mudah terurai. Alangkah baiknya apabila tempat sampah organik dan anorganik dipisahkan guna memudahkan untuk dihimpun dalam satu jenis sampah.

Pendidikan di sekolah saja masih belum cukup untuk membiasakan diri disiplin dan tanggung jawab, apabila anak-anak lain tidak disiplin membuang sampah. Karena itu pendidikan di sekolah perlu memasukkan mata pelajaran tentang kedisiplinan dan tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan, khususnya membuang sampah pada tempatnya. Bila perlu dalam extra kulikuler bisa dimasukkan pelajaran prakarya membuat barang-barang kerajinan berasal dari sampah baik yang organik maupun anorganik. Dengan demikian maka barang bekas yang sudah tidak terpakai, akan terdaur ulang menjadi barang yang bermanfaat. Pelajaran ini juga akan memberi pengetahuan bagi anak didik agar kelak dikemudian hari mereka dapat mandiri, sehingga dapat membuka usaha guna menambah penghasilan atau menekuni bisnis yang menguntungkan. Dewasa ini sudah terbukti keberhasilan dari wirausahawan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dari barang-barang bekas untuk didaur ulang. Dengan demikian maka salah satu masalah kebersihan lingkungan yang berasal dari barang bekas dan sampah bisa teratasi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: