RSS

Pencegahan Minuman Keras

Mengatasi kecanduan alkohol harus diikuti dengan proses detoksifikasi, yakni proses menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Agar efektif, proses tersebut harus ditunjang oleh perubahan gaya hidup.Detoksifikasi hanya melengkapi, sebab upaya untuk mengatasi

kecanduan harus dimulai dengan niat dari si pecandu sendiri. Apapun caranya tidak akan berhasil jika yang bersangkutan belum mantap 100 persen. Jika tekad sudah bulat, proses detoksifikasi dilakukan dengan mengganti cairan tubuh atau rehidrasi.

Pada proses ini, air akan meluruhkan racun-racun dan pengotor di dalam tubuh.

Proses tersebut akan efektif jika disertai perubahan gaya hidup. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut

Pencegahan miras

Minum air putih lebih banyak. Untuk membersihkan racun alkohol, seseorang harus menambah konsumsi carian sebanyak 2-3 liter/hari karen sel-sel dalam tubuh butuh cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Saat melakukan detoksifikasi, cairan yang cukup akan sangat membantu sistem kekebalan tubuh. Cairan juga akan melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi sayuran dan buah segar. Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasian membersihkan hati, sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendukung proses detoksifikasi, kombinasikan jus buah bit, wortel dan apel. Jus cranberry juga bisa ditambahkan, karena mampu memurnikan tubuh dari racun-racun pengotor.

Mengkonsumsi herba dan suplemen. Beberapa jenis herba atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal, suplemen apa yang cocok dengan kondisi individual masing-masing.

Melakukan olahraga. Proses detoksifikasi bisa memicu depresi, yang bisa diredakan dengan melakukan yoga atau olahraga lainnya secara teratur. Karena banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Pisang, melon, tomat, jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium.

Perlu diingat, depresi yang timbul selama proses detoksifikasi dapat menyebabkan perasaan gelisah dan mudah marah. Pada kondisi yang parah, efek samping detoksifikasi bisa memicu tremor (gemetar) atau halusinasi. Kondisi tersebut membutuhkan obat penenang yang harus dibeli dengan resep dokter.

DUKUNGAN KELUARGA DAN ORANG TERDEKAT

SETIAP keluarga pasti memiliki masalah, mulai dari hal sepele sampai problema besar. Cara orang menghadapinya pun berbeda-beda. Salah satunya, berpaling kepada alkohol sebagai pelarian.

Jika salah satu anggota terjerumus ke dalam kecanduan alkohol, Anda tentu ingin melakukan sesuatu untuk menolong. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan :

 unduhan (5)

  1. Membicarakan masalah. Jika ada masalah, Anda harus membicarakannya terlebih dahulu. Yang terpenting adalah membuat orang itu mengakui masalahnya. Setelah melewati tahap tersebut, barulah Anda benar-benar dapat turun tangan membantunya.
  2. Selingan adalah kunci. Anggota keluarga Anda mungkin menderita depresi atau merasa kesepian. Itu sebabnya, dia berpaling kepada alkohol sebagai pelarian. ”Melibatkan orang itu dalam aktivitas apa pun dapat mengalihkan perhatiannya dari kebutuhan untuk mengalah pada alkohol”. Daftarkan anggota keluarga itu ke dalam sebuah kelas hobi atau kursus, atau biarkan dia melakukan aktivitas di sekitar rumah. Dengan cara ini, dia tidak akan memiliki waktu untuk memikirkan minuman keras.
  3. Selalu mendampingi. Biarkan dia tahu bahwa Anda akan selalu berada di sampingnya dalam suka dan duka. Pastikan Anda menunjukkan solidaritas untuk membantu mengatasi rintangan terbesar dalam hidupnya. ”Anda harus dapat berdiri kuat dan menjadi dukungan moral saat dia membutuhkannya”. Hal ini merupakan faktor motivasi terbesar untuk seorang pecandu alkohol.
  4. Bebas alkohol. Jangan menyimpan minuman keras di dalam rumah jika Anda melindungi seseorang yang berusaha melepaskan diri dari alkoholisme. Dengan cara ini, dia tidak akan berdekatan dengan alkohol. “Jangan minum di depan orang itu dan tak perlu menggodanya.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: